Pages

Jumat, 17 Oktober 2014

Bingung Puting dan Menghisap Jempol

Kira-kira 2 minggu yang lalu Aya mengalami bingung puting. Aya nangis jejeritan tiap mau saya nenenin. Padahal saya tau saat itu dia sedang lapar. Bukannya mulai nenen Aya malah berontak dan lebih asyik menghisap jempolnya.

 Yups, saya kecolongan. Mungkin sekitar semingguan Aya seringkali asyik menghisap jempolnya. Terutama pas mau tidur. Awalnya sih lucu. Setelah selesai nenen Aya lanjut menghisap jempolnya sampai ia tertidur. Kadang pas bangun malam pun bukannya minta nenen Aya malah sibuk menghisap jempolnya sampai tertidur lagi. Dan saya, bukannya maksa nenenin malah ikut tidur juga. :( Okeh, saya ngaku. It's totally my mistake.

Akibatnya benar-benar di luar dugaan. Hari Minggu tanggal 5 Oktober 2014 Aya mulai menunjukkan tanda-tanda bingung puting. Pagi sampai siang sih masih aman. Aya masih mau nenen walaupun cuma bentar. Menjelang maghrib Aya mulai nangis jejeritan. Sepertinya sih karena lapar.

Waktu itu saya lagi di rumah orang tua di Jombang. Ba'da maghrib kami langsung balik ke Surabaya. Dengan harapan pas di mobil Aya bisa lebih tenang karena pake ac. Alhamdulillah berhasil. Aya mulai tenang dalam gendongan saya dan mau nenen. Sampai keringatan lo. Saya ajak ngobrol terus agar Aya merasa nyaman.

Ternyata horor belum berakhir sodara-sodara. Sampai rumah Aya mulai nangis lagi dan nggak mau nenen. Melihat anak nangis jejeritan karena lapar tapi disodorin nenen malah histeris, sakitnya tuh di sini *sambil nunjuk ke dada*. Kalo bahasa alaynya sih, 'Ya Allah, cobaan apa lagi ini..' Hehee..nggak lah, It's not me at all.

Saya mencoba untuk tetap tenang dan positive thinking. There's a way if there's a will. Alhamdulillah, suami mau membantu menggendong dan menenangkan Aya. Sambil terus mengajak Aya ngobrol agar mau nenen saya dan berhenti menghisap jempolnya. Pelan-pelan Aya mulai ngerti. Bukannya mulai tenang tapi makin histeris. Seolah ada pergolakan dalam batinnya. Haish bahasanya.

Aya seolah mengerti kalo menghisap jempol itu nggak baik dan ia perlu nenen saya. Tapi di sisi lain ia merasa nyaman dengan menghisap jempol. Aya menghisap jempolnya sebentar kemudian dilepas sambil menangis histeris sampai suaranya serak. Nggak tega liatnya. Bayi sekecil itu sudah mengalami dilema. Alhamdulillah-nya, saat itu Arka tidur nyenyak sejak sore. Jadi perhatian saya dan suami bisa full ke Aya. Yups, there are always reasons to be grateful.

Untuk mengurangi kebiasaan menghisap jempolnya, tangan kanan Aya saya pakein sarung tangan. Lumayan berhasil. Paginya saya mulai browsing tentang bingung puting dan cara mengatasinya. Ada beberapa tips yang bisa saya lakukan. Diantaranya, mempererat bonding antara saya dan Aya. Pulang kerja Aya saya gendong terus sambil sesekali saya nenenin. Sambil terus-terusan saya ajak ngobrol agar merasa nyaman dan mau nenen saya lagi. Aya kelihatan sedih dan nggak ceria seperti biasanya. Kasihan kamu nak :'(

Selasa siang pas istirahat saya sengaja nggak pulang untuk nenenin langsung. Pengalaman pas hari Senin  Aya malah histeris pas saya nenenin. And the worst part is, ibu pengasuhnya menenangkan Aya dan bilang, "Ayo sini sama ibu aja. Nanti disayang sama ibu. Mama nakal ya, adik dipaksa mimik susu". Ya Allah, betapa ikhlas dan sabar harus diraih dengan perjuangan. Hehee..lagi-lagi lebay.

Selasa malam uda mendingan. Aya masih terus saya gendong. Masih saya hypno juga dengan kata-kata yang sama dan berulang-ulang. "Mama sayang Aya. Aya sayang mama. Aya suka mimik susu. Mimik susu yang banyak, sampe kenyang. Kalo sama mama mimik susu mama. Kalo sama ibu mimik susu pake dot". Uda kayak kaset rusak :) Alhamdulillah, berhasil lo. Progressnya keliatan secara signifikan. Aya mulai mau nenen lagi. Uda mulai tersenyum lagi.

Besoknya uda back to normal. Aya kembali ceria. Mau nenen lagi dengan lahapnya. Bahkan uda tambah lincah guling2 ke segala arah. Alhamdulillah banget pokoknya.

Beneran deh, bingung puting itu lebih dari sesuatuh. Sekali aja ya nak. Itu sudah lebih dari cukup. Bisa banget membuat hati mama jungkir balik kayak roller coaster. Hahaay..lebay lagi deh.

Baiklah, lagi-lagi saya ngaku. Selama ini saya terlalu santai dalam mengasuh Aya. Kalo Aya tenang dan asyik sendiri, biasanya saya juga asyik sendiri dengan hp saya. *tutup muka* Maafkan mama ya nak. Kita mulai dari awal lagi. Mulai sekarang, kita akan lebih sering ngobrol dari hati ke hati. I love you adek Aya.


*) Artikel ini dimuat di The Urban Mama setelah melalui proses editing.







1 komentar:

Siska Amalia mengatakan...

Sekarang saya lagi ngalamin hal yg sama. Padahal kalo saya kerja gak pake dot, eh ternyata jempol yg bikin bingput 😭