Pages

Rabu, 09 November 2016

Gemar Membaca

sebagian koleksi buku Arka dan Aya 

Arka dan Aya waktu di Big Bad Wolf JX Surabaya


Dari artikel yang ditulis di parenting bersama Elly Risman Family, usia matang anak untuk belajar membaca adalah 7 tahun. Bisa kurang sih. Semua kan kembali ke kemampuan masing-masing anak yang tentu saja berbeda. Hanya saja usia yang paling pas adalah 7 tahun dengan pertimbangan kematangan otak dalam mengenali huruf-huruf. Sebagai perbandingan saja, anak belajar sholat dari umur 7 tahun. Perlu digarisbawahi ya. Be-la-jar. Dikhawatirkan, jika anak terlalu dini 'dipaksa' dalam belajar membaca kelak anak akan bosan dan 'hanya' bisa membaca alih-alih gemar membaca. Lain halnya kalo anak belajar membaca karena senang, kelak ia akan gemar membaca karena membaca adalah kegiatan yang menyenangkan. Dan saya sependapat dengan artikel tersebut.


Saat ini usia Arka 5 tahun. Masih belum hapal huruf-huruf. Baik tulisan maupun hapalan. Tapi ia suka kegiatan membaca. Aya juga. Anak-anak suka sekali saat saya ajak membaca bersama. Bisa mengalihkan perhatian juga lo. Aya kalo uda asik main hp bisa banget dialihkan dengan kegiatan membaca. Arka juga. Pas moodnya lagi nggak bagus pasti langsung hepi kalo saya bacakan buku. Alhamdulillah.

Saya suka mengenalkan buku pada anak-anak saya. Di rumah banyak sekali buku anak. Dulu waktu kecil, saya bisa membaca dengan mengeja saat belum masuk sekolah tk. Seumuran Arka sekarang. Saat masuk tk, saya bisa membaca dengan lancar tanpa mengeja. Entah bagaimana saya belajar. Hanya Allah yang tau. Karena Bapak dan Ibu tidak pernah mengajari saya. Karena tidak pernah ada pressure, saya jadi suka membaca. Yang ringan-ringan saja sih. Nggak sekeren Maudy Ayunda yang saking hobinya sampai semua jenis buku dibaca.

Dan sekarang saya ingin anak-anak saya mempunyai minat yang sama dengan saya. Saya ingin mereka gemar membaca. Saya ingin mereka menikmati saat membaca buku, artikel, novel, everything yang bisa membuat wawasan mereka bertambah.

Saya senang membelikan anak-anak saya buku. Baik langsung ke toko buku maupun via online. Saat ini buku anak favorit saya adalah buku-buku karangan Watiek Ideo. Ceritanya bagus, sederhana, ada unsur edukasinya, ilustrasinya warna-warni khas anak-anak. Sampai saya beli beberapa buku. Anak-anak saya juga suka. Jadinya saya sering beli deh. Kayak hasrat terpendam juga sih. Impian masa kecil yang gagal terwujud. Beli buku anak-anak. Hehee...

Bahkan kemarin pas ada even Big Bad Wolf di JX Surabaya, Arka dan Aya antusias sekali pas mau diajak ke sana. Jam setengah 6 mereka uda bangun dan semangat untuk berangkat. Alhasil jam 6 kita berangkat tanpa mandi dan sarapan. Pas hujan deres pula. Barokalloh.

Saya tidak tau kedepannya akan seperti apa. Akan menjadi apa dan seperti siapa anak-anak saya. Harapan dan doa terdalam saya kelak mereka menjadi anak-anak soleh soleha. Aamiin. Dan ini salah satu ikhtiar saya. Wallohualam bishowab.

Tidak ada komentar: