Pages

Rabu, 13 Mei 2015

Teknik Power Pumping

Gambar dari sini

Dari beberapa referensi yang saya baca, salah satu cara untuk meningkatkan produksi asi adalah dengan power pumping. Saya pun mulai googling dan mencari tau tentang power pumping. Ternyata ada beberapa referensi tentang teknik cara melakukan power pumping.

Ada yang bilang power pumping adalah teknik memompa sebentar tapi sering. Pompa 10-15 menit tiap 1 atau 2 jam sekali selama 2 hari berturut-turut. Bisa dilakukan saat week end. Asip yang diperoleh dari tiap sesi pumping boleh digabung dalam satu botol setelah suhunya disamakan sambil disimpan dalam kulkas.

Berapapun hasilnya tetap bersyukur. Perlu untuk diketahui, hasilnya tidak terlihat secara instan. Bisa jadi beberapa hari ke depan baru terlihat peningkatan produksi asi. Been there, done that. Saya pernah mempraktekannya pasca Aya bingung puting. Alhamdulillah berhasil. Produksi asi saya back on track.

Ada juga referensi lain yang bilang kalo power pumping itu teknik memompa yang dilakukan selama 1 jam dengan beberapa jeda :
20 menit pumping
10 menit jeda
10 menit pumping
10 menit jeda
10 menit pumping
Bisa dilakukan sehari sekali untuk menjaga produksi asi. Saya tau teknik ini pasca sakit dan produksi asi menurun drastis. Sementara stok asip di freezer menipis hanya cukup untuk sehari.

Teknik ini masih saya lakukan sampai sekarang. Alhamdulillah, produksi asi saya tidak defisit lagi. Berimbang antara supply dan demand. Memang sih, produksi asi saya tidak berlimpah sampai memenuhi freezer. Tapi cukup lah untuk memenuhi kebutuhan asi Aya selama saya tinggal kerja. Stok asip saya dapat dari hasil pumping saat libur.

Saran saya sih, saat produksi asi benar-benar drop lakukan power pumping teknik pertama. Pumping sebentar tapi sering. Frekuensi pumping yang sering terbukti bisa merangsang produksi asi. Sambil lakukan power pumping teknik kedua 1 kali sehari. Hari berikutnya cukup lakukan power pumping teknik kedua 1 kali sehari untuk menjaga produksi asi. Sambil diimbangi banyak minum dan makan makanan bergizi.

Semangat power pumping mama.. ^_^

*noted : power pumping ini lebih cocok untuk pumping pake double pump

Tidak ada komentar: